Minggu, 08 Mei 2011

Acara Kebaktian Akhir Tahun Gerejawi (Peringatan Orang Yang Meninggal)

“Bersiaplah Menghadap Penghakiman Kristus”
01. Song Leader menyanyikan: KJ No. 368: 1 + 4 “Pada kaki salibMu” (Majelis Memasuki Gereja – Jemaat saat teduh).
  1. Pada kaki SalibMu, Yesus ‘ku berlindung; Air hayat golgata pancaran yang agung. Ref. SalibMu, salibMu, yang kumuliakan, hingga dalam sorga k’lak ada perhentian. 
4. Pada kaki SalibMu, ‘ku tetap percaya, hingga dalam sorga k’lak jiwaku bahagia. SalibMu, salibMu……!  
02. Panggilan Beribadah: (L-iturgis, S-emua, J-emaat, SL=Song Leader)
L:   Syalom! Selamat hari Minggu bagi kita semua. Bagi saudara-saudara yang baru pertama sekali beribadah di Gereja ini, kami sambut: Selamat Datang! Hari ini kita telah sampai pada Akhir Tahun Gerejawi, kita mengadakan peringatan kepada keluarga dan sanak saudara kita yang telah meninggal dunia. Kita di undang untuk bersemayam dalam kemuliaaNya. Untuk itu nyatakanlah dalam hidupmu melalui nyanyian ini: “Puji Hai jiwaku puji Tuhan....”.
S:   Menyanyikan: KJ No. 9:1 + 4  “Pujilah Tuhan hai Jiwaku”
1. Puji, hai jiwaku, Puji Tuhan selagi ada nafasmu! Allahku patutlah kuagungkan sepanjang umur hidupku! Hayatku Dia yang b’ri: Dia kupuji tak henti. Haleluya-Haleluya. Berdiri
4. Orang tertindas dibela haknya dan orang laparpun kenyang; yang diperbudak dibebaskanNya, mata si butapun terang. Orang tertunduk, bangunlah: Tuhan tegakkan kaum lemah. Haleluya-Haleluya.   
03. Votum – Introitus - Doa:
L:    Di dalam Nama Allah Bapa, AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus, yang menciptakan langit dan bumi, Amin. Barang siapa menang, ia akan dikenakan pakaian yang putih yang demikian, Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan BapaKu dan di hadapan para malaikatNya.
J:   Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala ke-muliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering dan bunga gugur, tetapi Firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya.
L:    Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan me-ngaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. Haleluya.
S:     Menyanyikan “Haleluya - Haleluya – Haleluya”
L :    Marilah kita berdoa: Ya Yesus Kristus, Tuhan dari orang yang hidup dan yang mati. Hidup atau mati kami adalah milikMu. Walaupun kami berjalan di bawah lembah kekelaman kami tidak gentar, karena engkau menyertai kami; maut atau kubur tidak dapat lagi menahan kami karena Engkaulah Tuhan yang me-nyelamatkan kami. Kini kami datang memohon kepadaMu:
J:     Kami menyerahkan roh dan tubuh kami karena hidup ataupun mati Engkaulah yang empunya kami. Tuntun dan tolonglah kami dengan pengorbananMu, supaya kami memperoleh hidup yang kekal.
S:    Amin. Duduk  
04. Bernyanyi KJ No 364: 1 - 2  “Berserah Kepada Yesus “
1. Berserah Kepada Yesus tubuh, roh dan jiwaku; kukasihi, kupercaya, kuikuti Dia t’rus. Aku berserah, aku berserah; kepadaMu, Juru s’lamat, aku berserah.
2. Berserah kepada Yesus di kakiNya ‘ku sujud. Nikmat dunia kutinggalkan; Tuhan, t’rima anakMu. Aku berserah, aku berserah, kepadaMu Juru s’lamat aku berserah.
05. Hukum Taurat: (Kolose 3: 1 – 4; Galatia 3: 13; 6: 9 – 10)
L:  Saudaraku yang terkasih! Hukum Tuhan bagi kita saat peringatan orang meninggal hari ini, tertulis dalam Firman Allah yang mengatakan: Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi! Sebab kamu telah mati dan hidupmu ter-sembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan. (Kolose 3: 1  – 4).
J: Kristus telah menebus kita dari kutuk Hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: Terkutuklah orang yang di gantung pada Kayu Salib (Gal 3: 13).
S:  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman (Gal 6: 9 – 10).
L:  Demikianlah amanat Firman Tuhan yang menjadi pedoman hidup kita menantikan kedatanganNya. Marilah kita memohon kekuatan dan penyertaan Tuhan untuk melakukan hukumNya.
S:  Ya Tuhan Allah, kuatkanlah kami melakukan yang sesuai dengan HukumMu. Amin.
06. Bernyanyi KJ No. 36: 1 + 4 “Dihapuskan Dosaku”
1. Dihapuskan dosaku, hanya oleh darah Yesus. Aku pulih dan sembuh hanya oleh darah Yesus. Ref: O, darah Tuhanku, sumber pembasuhku. Sucilah hidupku hanya oleh darah Yesus. Berdiri
4.  Damai dan harapanku, hanya oleh darah Yesus. Allah mem-benarkanku, hanya oleh darah Yesus. O, darah Tuhanku….!
07. Doa Penyerahan Diri Dan Pengampunan Dosa:
L:  Ya Bapa kami yang di surga, Allah yang Maha Kasih kepada kami orang yang hina dan berdosa ini! Kami orang berdosa ini datang kehadapanMu untuk mengaku dosa-dosa kami. Kami menyesal, karena kami sering melakukan hal-hal yang tidak berkenan di hadapanMu, sepatutnyalah kami kena hukumMu. Tetapi Engkau panjang sabar, kami tidak binasa.
J:  Ya Tuhan, kasihanilah kami. Janganlah Engkau menghukum kami; hapuskanlah dosa kami, karena darah AnakMu yang telah dicurahkan di Golgata.
L:  Ya Tuhan! Engkau telah mengampuni dosa kami orang yang hina dan tercela ini. Nyatakanlah di dalam hati dan jiwa kami akan keampunan segala dosa dan kesalahan kami itu.
J:  Ya Tuhan! Bimbing dan ajarlah kami, agar kami benar-benar dan sungguh-sungguh menyerahkan diri, hati dan jiwa kami kepadaMu saja, sebagai korban yang hidup dan kudus, oleh karena AnakMu, Yesus Kristus, Tuhan kami.
SL:   Menyanyikan KJ No 41 : 3  “Terbukalah Sorga”
     Pergilah padaNya, engkau yang lelah; Bebanmu di angkat, hatimu lega, Bebanmu di angkat, hatimu lega.
L:  Ya Tuhan Allah! Kami sering mendukakan Engkau karena per-kataan, pikiran dan perbuatan kami yang tidak benar. Kami tidak mengasihi Engkau dengan segenap hati, dengan segenap kekuatan dan dengan segenap akal budi kami dan kami tidak mengasihi sesama manusia seperti diri kami sendiri.
J:  Ya Tuhan! Kami sering cemas, kecewa melihat apa yang kami lihat dan yang kami dengar tentang keadaan di dunia ini. Tuhan kuatkanlah kami dan ampunilah dosa kami.
L:  Tolonglah kami agar kami dapat bertobat dan meninggalkan segala dosa dan kekwatiran hidup kami. Karuniakanlah kami kekuatan, agar kami tetap kuat dan kokoh melakukan kehendakMu, terimalah doa permohonan kami ini dalam nama AnakMu Yesus Kristus, Tuhan kami.
SL:   Menyanyikan KJ No 41 : 7 “Terbukalah Sorga”
O Yesus, Engkaulah Perlindunganku; Engkau Jurus’lamat, tempat berteduh; Engkau Jurus’lamat, tempat berteduh.
L:  Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus! Marilah kita terima janji Tuhan tentang pengampuan dosa kita: Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi Kasih SetiaKu tidak akan beranjak daripadamu, dan perjanjian damaiKu tidak akan bergoyang, Firman Tuhan yang mengasihi engkau. Demi Aku yang hidup, demikian Firman Tuhan Allah, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup. Kemuliaaan bagi Allah di tempat yang Mahatinggi.
S:  Amin. (Duduk)                                 
 08.  Bernyanyi KJ No. 363 : 1 – 2 “Bagi Yesus Kuserahkan”
1.  Bagi Yesus kuserahkan, hidupku seluruhnya, hati dan perbuatan-ku, pun waktuku milikNya. Bagi Yesus semuanya, pun waktuku milikNya. Bagi Yesus semuanya, pun waktuku milikNya.   
2.  Tanganku kerja bagiNya, kakiku mengikutNya. Mataku memandang Yesus, yang kupuji Dialah. Bagi Yesus semuanya, yang kupuji Dialah, bagi Yesus semuanya, yang kupuji Dialah.
09.  Epistel: Yehezkiel 39: 1 - 7
L:    Saudaraku yang terkasih! Nas Epistel tuntunan hidup kita dalam Peringatan Orang Meninggal saat ini tertulis dalam Kitab Yehezkiel 39: 1 - 7, yang mengatakan: Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal, dan Aku akan menarik dan menuntun engkau dan Aku akan mendatangkan engkau dari utara sekali dan membawa engkau ke gunung-gunung Israel.
J:     Aku akan memukul tangan kirimu sehingga busurmu jatuh dan membuat panah-panahmu berjatuhan dari tangan kananmu.
L:    Di atas gunung-gunung Israel engkau akan rebah dengan seluruh bala tentaramu beserta bangsa-bangsa yang menyertai engkau; dan engkau akan Kuberikan kepada burung-burung buas dari segala jenis dan kepada binatang-binatang buas menjadi makanannya.
J:     Engkau akan rebah di padang, sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
L;    Aku mendatangkan api ke atas Magog dan ke atas orang-orang yang diam di daerah pesisir dengan aman tenteram, dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
S:    Dan Aku akan menyatakan nama-Ku yang kudus di tengah-tengah umatKu Israel dan Aku tidak lagi membiarkan namaKu yang kudus dinajiskan, sehingga bangsa-bangsa akan menge-tahui bahwa Akulah TUHAN, Yang Mahakudus di Israel.
L:         Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta melakukannya.
S:  Amin.
10. Bernyanyi KJ No. 353: 3 - 4 “Sungguh Lembut Tuhan”
3. Waktu serta kesempatan berlalu yang dib’ri aku dan kau; nanti gelap kematian membayang mengancam aku dan kau. Ref. Hai mari datanglah, kau yang lelah, mari datanglah ! Sungguh lembut Tuhan Yesus memanggil, Kau yang sesat, marilah. Berdiri           
 4.  Yesus berjanji memb’rikan kasihNya kepada aku dan kau. Ia mengampuni orang berdosa seperti aku dan kau. Hai mari datanglah..... !
11. Pengakuan Iman Rasuli:
      L: Saudaraku yang terkasih! Marilah kita bersama-sama mengaku iman kepercayaan kita, sebagaimana saudara seiman kita diseluruh dunia ini. Kita mengikrarkannya.
 S: Aku percaya.......!  Duduk
12. Warta Jemaat:
13. Peringatan orang yang meninggal:
1.  Pengantar kepada peringatan Warga Jemaat yang mening-gal tahun Gerejawi 2009 – 2010 ini:  
L: Saudaraku yang terkasih di dalam nama Tuhan Yesus Kristus! Hari ini, Minggu Tgl. 21 November 2010, kita telah sampai pada Akhir Tahun Gerejawi yang disebut: PERINGATAN BAGI ORANG YANG TELAH MENINGGAL DUNIA. Para bapak Gereja mula-mula telah memutuskannya, bahwa berlalunya satu tahun Gerejawi adalah merupakan anugerah dari Tuhan, dan sekaligus mengajak semua anggota Jemaat untuk menyadari Firman Tuhan yang mengatakan:
J:  Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu (Matius 24: 25). SEGALA SESUATU YANG ADA DI DUNIA INI AKAN BERLALU, AKAN TETAPI FIRMAN ALLAH AKAN TETAP UNTUK SELAMA-LAMANYA.
L:  Sebagai orang percaya kepada Tuhan Yesus Raja Gereja, ada dua hal yang harus kita renungkan bersama, pada saat kita sampai pada Akhir Tahun Gerejawi, atau PERINGATAN BAGI ORANG YANG TELAH MENINGGAL DUNIA hari ini, yaitu:
J:  Kita mengingat saudara-saudara kita yang telah meninggal dunia dari antara anggota Jemaat kita dalam satu tahun ini. Kita juga disadarkan, bahwa kehidupan kita di dunia ini akan berlalu, sama seperti mereka yang telah meninggalkan dunia itu. Untuk itu, kita diajak supaya tetap berserah diri kepada Tuhan. Sebab Dialah yang punya kehidupan kita.
L:  Alangkah baiknya kedua hal ini kita renungkan di saat kita MEMPERINGATI ORANG YANG TELAH MENINGGAL. Jika kita menyelenggarakan peringatan bagi yang meninggal hari ini, hal itu akan menyadarkan iman percaya kita, supaya kita mengingat akhir hidup kita sendiri, serta meneguhkan peng-harapan kita akan kemenangan Kristus mengalahkan kematian dan kebangkitanNya. Demikian juga akan menguatkan pengharapan kita dengan persekutuan orang percaya dengan Allah. Ingatlah akan Firman Tuhan yang mengatakan: 
J:  Karena kewarganegaraan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuhNya yang mulia, menurut kuasaNya yang dapat menakhlukkan segala sesuatu kepada diriNya” (Filipi 3: 20 – 21). 
S:  Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kita tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan, jerih payah kita tidak sia-sia. (1 Korint 15: 58).
L:  Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kubur akan mendengarkan suaraNya. Dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk di hukum, untuk itu! Marilah kita nyanyikan kesetiaan kita kepada Tuhan: Setialah kepada Tuhanmu, hai kawan yang penat......!
S:  Menyanyikan KJ No. 446: 1 + 3 “Setialah Kepada Tuhan”
1. Setialah kepada Tuhanmu, hai kawan yang penat. Setialah, sokonganNya tentu di jalan yang berat. ‘Kan datang Raja yang berjaya menolong orang yang percaya. Setialah.
3.  Setialah percaya Penebus, percaya JanjiNya. Setialah, ber-juanglah terus di fajar merekah. DiputuskanNya rantai setan; kau bebas dari kesempitan. Setialah.
2. Membacakan Nama-nama Warga Jemaat HKBP Sukajadi Yang Telah Meninggal Tahun Gerejawi 2009 - 2010
3.  Bernyanyi: BE No.347:1 + 3 ”Sai masipaidaan“ (Saat kita menyanyikan lagu ini, kita berdiri)
1. Sai masipaidaan do na porsea i, dung sahat be langkana tu hasonangan i, tu hasonangan i, tu hasonangan i.
3.  Sai masipaidaan Ma hita on muse. Di lambung ni Tuhanta, dung monang hita be, dung monang hita be, dung monang hita be.
4. Doa Syafaat di pimpin oleh Parhalado HKBP Sukajadi
14.  Bernyanyi KJ No. 263: 1-...“Yang T’lah Menang” (Pers I & II)
1. Yang t’lah menang di sambut di Firdaus, dan makan buah pohon Alhayat, Tak lagi ingat duka atau maut: Kristus yang hidup Tuhannya tetap. Ia alami nikmat sorgawi dan merasai kasih kekal, dan merasai kasih kekal.
3. Yang t’lah menang tak akan mengalami maut kedua digelap ngeri. Tapi melihat Bapa Mahakasih ikut berhaleluya tak henti. Habis bertahan diperjuangan ia bawakan korban syukur, ia bawakan korban syukur.
4. Yang t’lah menang namanya ‘kan tertulis, dikitab kehidupan yang baka. Ia pun tampil dalam jubah putih mengaku Kau Tuhanku s’lamanya. Dan dari Dia ia terima tajuk mulia s’lamat kudus, tajuk mulia s’lamat kudus.
15.  Khotbah : 2 Korint 5: 1 - 10       
16.  Bernyanyi KJ No.402:1…“Kuperlukan Juru S’lamat”(Pers III)
1. Kuperlukan Juru s’lamat, agar jangan ‘ku sesat; s’lalu harus kurasakan bahwa Tuhanku dekat. Ref. Maka jiwaku tenang, takkan takut dan enggan; bila Tuhanku membingbing, ‘ku di malam pun tent’ram.
2. Kuperlukan Juru s’lamat. Kar’na imanku lemah. HiburanNya menguatkan; sungguh tiada bandingnya. Maka jiwaku tenang......
3. Kuperlukan Juru s’lamat dalam langkah juangku; siang malam, suka duka dengan Tuhan ku tempuh. Maka jiwaku tenang........
4. Kuperlukan Juru s’lamat, agar ‘ku dibimbingNya, melintasi arus Jordan ke Neg’ri Bahagia. Maka jiwaku tenang.........
 17. Doa Penutup: Persembahan - Akhir Tahun Gerejawi - Bapa Kami – Berkat – Amin 3 X dinyanyikan



Karena bagiku hidup adalah Kristus, dan mati adalah keuntungan. Filp 1: 21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar