Minggu, 08 Mei 2011

Ev. Filipi 3: 17 - 21; Ep. 1 Raja 2: 1 - 4

“Jadilah teladan bagi semua orang”
Gr. Letare Hutabarat
Saudaraku yang terkasih! Pencobaan yang terbesar bagi kehidupan orang percaya adalah kesedihan yang kita rasakan karena banyak orang yang memutarbalikkan Injil Kristus. Kita harus mau menunjukkan kasih kepada Kristus dan kebenaran Firman Allah. Mengapa demikian? Ya,  karena penebusan Kristus yang begitu kuat bagi kita, inilah yang mendorong kita untuk melawan dengan sangat seteru-seteru kita yang merusak ajaran Firman Allah yang murni. Seteru-seteru itu dapat diartikan sebagai orang-orang yang mengaku percaya tetapi mencemarkan Injil dengan cara hidup yang tidak suci. Kita harus memenangkan seteru-seteru itu, bagaimana kiatnya? Kita harus sadar bahwa dunia ini tidak selamanya untuk kita diami. Di bumi ini banyak orang yang memuja perut mereka dan melayani lambung mereka. Dunia ini selalu menawarkan kenikmatan makanan dan minuman, sehingga manusia lebih memperhatikan pemuasan dan kenikmatan jasmani daripada etika dan moralitas. Perut mereka menjadi allah mereka. Dunia ini adalah sarana untuk perkara jasmani, perkara materi, perkara makan dan minum. Dalam dunia ini setiap orang memerlukan barang-barang seperti sandang dan pangan, namun kita tidak dapat dipuaskan oleh perkara-perkara itu.
Kita adalah orang yang memiliki kewarganegaraan sorga. Setiap orang  Kristen tidak lagi warga dunia ini, kita adalah orang asing dan pendatang di bumi ini. Dalam hal kehidupan rohani, nilai-nilai dan arah kita, maka tanah air kita sekarang adalah persiapan untuk menuju sorga. Kita telah dilahirkan dari atas, nama kita tertulis pada daftar sorga, kehidupan kita dipedomani oleh prinsip-prinsip sorgawi dan hak serta warisan kita tersimpan di sorga.
Saudaraku yang terkasih! Tujuan kita adalah sorga, segala doa dan pengharapan kita adalah sorga, kesanalah harapan kita ditujukan. Banyak sahabat dan karabat kita sudah di sana dan tidak lama lagi kita pun akan berada di sana. Yesus pun juga di sana, sambil menyiapkan tempat untuk kita, dan Ia telah berjanji akan kembali dan membawa kita untuk tinggal bersama Dia.
Yang pasti, sebagai orang percaya kepada Yesus, kita merindukan negeri yang lebih baik, yaitu sorga. Oleh sebab itu, selama kita hidup di dunia ini kita harus mau menjadi teladan bagi semua orang, sebelum kita menikmati hidup sorgawi itu, Ia telah menyediakan sebuah kota yang kekal untuk kita. Tuhan Allah akan mengadakan transfigurasi tubuh kita, Ia akan mengubah jiwa kita, cara pikir kita yang membuat kita sama seperti Kristus, Ia akan mengubuh tubuh kita yang terbuat dari debu yang tidak berharga, yang dapat dirusak oleh dosa, kelemahan, penyakit dan kematian (Rom 6: 6 – 7). Transfigurasi tubuh kita tergenapi dengan kuasa besar Tuhan yang menakhlukkan  segala sesuatu kepada diriNya. Untuk itu jadilah teladan bagi semua orang, karena kita adalah calon masuk ke sorga. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar