Sabtu, 07 Mei 2011

Acara Natal Pesta Peringatan kelahiran Tuhan Yesus

Acara Natal Pesta Peringatan kelahiran Tuhan Yesus
di HKBP Sukajadi Resort Sukajadi Distrik XXII Riau – Pekanbaru
 Sabtu, Tgl. 25 Desember 2010
Telah Lahir Tuhan Yesus Juruselamat Dunia!
01.Prosesi: Majelis HKBP Sukajadi memasuki Gereja dan berdiri di Altar mengucapkan selamat Hari Natal kepada seluruh warga jemaat HKBP Sukajadi:
Pdt:   Majelis HKBP Sukajadi mengucapkan: Selamat hari Natal bagi kita semua. Kasih karunia dan damai sejahtera Allah Bapa selalu menyertai kita pada hari Natal ini. Biarlah kita bersuka cita sebab Dia telah lahir dalam kehidupan kita.
Parh:  Selamat hari Natal bagi kita semua, kasih karunia dan damai sejahtera Allah Bapa membuat kita bersuka cita hari ini.
J:      Selamat hari Natal kami ucapkan bagi pelayan Tuhan hari ini. Kasih dan karuniaNya selalu menyertai kita hari ini.
 S:           Terpujilah NamaNya yang datang melawat umatnya. Hosianna bagi TUHAN.
(Majelis duduk ke tempatnya masing-masing)
03. Panggilan Beribadah : “Pengharapan Akan Perdamaian”

(Ket: L=Liturgis, J=Jemaat, Bp=Bapak, I=Ibu, MR=Mudai/I & Remaja)

L:   Ya Tuhan. Dalam kebutaan pergaulan kami, Engkaulah juru mudi biduk kami. Hadirlah dalam pengembaraan hidup kami, agar kami senantiasa bertindak sesuai dengan kehendakMu. Biarlah getaran FirmanMu meresap di hati kami, agar kami tetap hidup sesuai dengan kehendakMu.
J:    Ya Tuhan! Bentuklah kami menjadi ciptaan baru, hidup dalam kekudusan dan kerendahan hati. Biarlah kami saling meng-hargai dengan cinta kasihMu yang tulus.
Bp: Ya Tuhan! Sebagai insan-insan yang telah Engkau tempatkan sebagai Warga GerejaMu di Pekanbaru ini. Tolonglah kami untuk menerima dan mengerti satu sama lain secara wajar dan tulus ikhlas. Tolong kuatkan kami  menjadi pembawa damai, sehingga rasa kebersamaan dan kepedulian sosial menjadi karya hidup kami.
I:    Ya Tuhan! Jadikanlah kami alat damai sejahteraMu, di tempat kebencian kami membawa kasih, di tempat penghinaan kami membawa ampun, di tempat perselisihan kami membawa kerukunan. Di tempat kesesatan, kami membawa kebenaran. Dan di tempat keputus-asaan kami membawa pengharapan.
RN:Ya Tuhan! Tolonglah kami, agar kami tidak hanya menuntut untuk di mengerti  tetapi lebih ingin mengerti, tidak hanya menuntut untuk di sayangi tetapi lebih ingin mengasihi.
L:  Ya Tuhan! Tunjukkanlah pada kami, betapa pentingnya hidup dalam damai. Ajarlah kami berdiam diri dalam kebijaksanaan, mendiamkan hati dan pikiran kami, agar kami sungguh-sungguh  melakukan FirmanMu yang berkata: “Hiduplah dalam perdamai-an dengan semua orang”.
S:   Amin!
05. Bernyanyi: KJ No.123 : 1 – 2 “Slamat, Slamat Datang”
1.   Slamat, slamat datang Yesus Tuhanku, jauh dari sorga tinggi kunjunganMu. Slamat datang Tuhanku ke dalam dunia. Damai yang Kau bawa tiada taranya. Salam, salam! Berdiri
2.   ”Kyrie eleison”: Tuhan tolonglah. Semoga kidung kami tak bercela. BundaMu Maria diberi karunia, melahirkan Dikau Kudus dan Mulia. Salam, salam.
06.Votum – Intoritus - Doa:
L:   Di dalam Nama Allah Bapa, AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus yang menciptakan langit dan bumi. Amin. Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatNya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyata-kan kepada kami.
J:    Kami memuji Engkau Allah Bapa, karena kasihMu yang membaharui hidup kami, dan karena kesetiaanMu memelihara ciptaanMu.
L:   Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, hai segenap bumi! Ceritakanlah kemuliaanNya di antara segala suku bangsa. Sujudlah menyembah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapanNya, hai segenap bumi.
J:    Kami memuji Engkau Yesus Kristus, karena campur tanganMu senantiasa memimpin hidup kami. Terpujilah Tuhan Yesus Kristus yang telah lahir itu, sekarang sampai selama-lamanya.
L:   Kami memuji Engkau Roh Kudus. Karena pengudusanMu senantiasa membawa kami kepada Kristus, karena kesabaran menyiapkan penggenapan keselamatan kami. Puji Tuhan Haleluya.
J:    (Menyanyikan) Puji Tuhan haleluya 3X, Haleluya, Haleluya!
L:   Marilah kita berdoa! Ya Tuhan Allah, Bapa yang di sorga! Kami mengucap syukur dan terima kasih kepadaMu karena kasih sayangMu mengaruniakan AnakMu yang Tunggal itu menjadi keselamatan dan kehidupan kami.
S:   Kami memohon kepadaMu, terangilah hati kami yang gelap ini dengan Roh Kudus. Ajarlah kami supaya kami tau mengucapkan terima kasih kepadaMu, supaya kami terhibur juga di dalam kesengsaraan dan pencobaan. Tuntunlah kami agar hati dan jiwa kami semakin terbuka untuk menciptakan perdamaian bagi semua orang. Amin. Duduk
07. Bernyanyi: KJ No.99 : 1- 2 “Gita Sorga Bergema”
1.   Gita sorga bergema, lahir Raja Mulia. Damai dan sejahtera, turun dalam dunia. Bangsa-bangsa bangkitlah, dan bersoraklah serta. Permaklumkan kabar baik, lahir Kristus t’rang ajaib. Gita sorga bergema, lahir Raja Mulia.
2.   Yang di sorga disembah, Kristus Raja yang baka, lahir dalam dunia dan Maria bundaNya. Dalam Daging dikenal, Firman Allah yang kekal, dalam Anak yang kecil, nyatalah Immanuel. Gita sorga bergema, lahir Raja Mulia.
08.Hukum Taurat: Galatia 4: 4 – 7:
L:  Saudaraku yang kekasih! Hukum Taurat bagi kita pada perayaan peringatan Kelahiran Tuhan Yesus hari ini, tertulis dalam Galatia 4:4-7, demikan Firman Tuhan: Tetapi setelah genap waktuNya, maka Allah mengutus AnakNya yang lahir dari seorang perempuan dan takluk pada Hukum Taurat.
J:    Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada Hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.
L:   Dan karena kamu adalah anak, maka Allah menyuruh Roh AnakNya ke dalam kita, yang berseru : “Ya Abba, Ya Bapa”!
J:    Jadi kamu bukan lagi hamba melainkan anak, jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.
L:   Marilah kita mohon kekuatan kepada Allah untuk melakukan hukumNya.
S:   Ya Tuhan, Allah! Mampukanlah kami untuk melakukan yang sesuai dengan hukumMu. Amin.
09.Koor:
10.Bernyanyi KJ No.27 : 1 + 5 “Meski Tak Layak Diriku”
1.   Meski tak layak diriku, tetapi karna darahMu dan karna Kau memanggilku, ‘ku datang Yesus padaMu. Berdiri
5.   Sebagaimana janjiMu menyambut dan membasuhku, ya Anak Domba yang kudus. Kudatang kini padaMu.
11.Pengakuan Dosa:
L:    Jemaat yang dikasihi Kristus! Kita sedang berdiri di hadapan Allah. Kita semua adalah orang berdosa di hadapan Allah. Seperti tertulis dalam 1 Yohannes 3: 4. yang mengatakan: “Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga Hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran Hukum Allah”. Bertuturlah di hadapan Allah yang berkenan mengampuni dosa-dosa kita.
J:    Ya Tuhan Allah, Bapa yang di surga! Kami mengucap syukur dan terima kasih kepadaMu, karena kasih sayangMu kepada kami. Engkau menganugerahkan AnakMu Yesus Kristus untuk menjadi kehidupan bagi kami.
L:   Ya Tuhan! Terangilah hati kami yang gelap ini dengan Roh Kudus. Ajarlah kami supaya kami tahu mengucap terima kasih kepadaMu, supaya hati kami terhibur juga dalam kesengsaraan dan pencobaan karena AnakMu Yesus Kristus, Tuhan kami.
J:    Ya Tuhan! Engkau telah memilih umatMu agar tetap melakukan kehendakMu, dan mengasihi Engkau, tetapi kami lebih taat kepada keinginan diri kami sendiri dari pada kehendakMu.
S:  (Menyanyikan) KJ No.29 : 1 :Di Muka Tuhan Yesus”
      Di muka Tuhan Yesus betapa hina diriku. Kubawa dosa-dosaku, di muka Tuhan Yesus.
L:  Ya Tuhan Allah! Engkau telah menyatakan FirmanMu kepada kami, supaya kami hidup dalam perdamaian dengan semua orang. Namun kami lebih suka membenci daripada mengasihi. Kami lebih suka hidup berbantah-bantahan daripada berdamai. Kasihani dan ampunilah kami, ya Tuhan.
S:   (Menyanyikan) KJ No.29 : 3 :Di Muka Tuhan Yesus”
      Di muka Tuhan Yesus ‘ku insaf akan salahku. Bertobat kini hatiku, di muka Tuhan Yesus.
L:   Saudaraku yang terkasih! Beginilah Firman Allah sebagai Janji yang menyelamatkan kita: Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia telah mengaruniakan AnakNya yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Maha tinggi!
S:   Amin. Jemaat duduk
12. Bernyanyi KJ No.118 : 1 – 2 “Sungguh Mulia”
1.   Sungguh Mulia, berkarunia, hari Natal yang kudus:;: Duka berakhir, Kristus t’lah lahir, mari bernyanyi dengan merdu:;:
2.   Sungguh Mulia, berkarunia hari Natal yang kudus. Damai ilahi nyata kembali, mari bernyanyi dengan merdu.
13. Koor:
14. Epistel: 1 Yohannes 2: 28 – 3: 1 - 3
L:  Mari kita baca secara responsoria nas Epistel yang ditentukan pada perayaan peringatan kelahiran Tuhan Yesus hari ini, tertulis dalam 1 Yohannes 2: 28 – 3: 1 - 3, yang mengatakan:  Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatanganNya”.
J:   Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari padaNya.
L:  Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.
J:   Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
S:  Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.


L:   Berbahagialah orang yang mendengar Firman Tuhan serta melakukannya.
S:   Amin.
15. Koor:
16. Bernyanyi KJ No. 110:1– 2 “Di Betlehem t’lah lahir”
1.   Di Betlehem tlah lahir seorang Putera. Semoga ‘ku menjadi abadi milikNya. Sungguh, sungguh abadi milikNya. Berdiri
2.   Hatiku ku benamkan di dalam kasihNya. PadaNya ‘ku serahkan, diriku slamanya. Sungguh, sungguh diriku slamanya.
17. Pengakuan Iman Rasuli:
L:   Marilah kita semua mengaku iman kepercayaan kita, bersama-sama dengan semua orang seiman di seluruh dunia ini, kita mengikrarkannya:
S:   Aku percaya...! Amin. Duduk
18. Warta Jemaat:
19. Bernyanyi KJ No.109:1-…“Hai mari berhimpun” (Pers Ia&Ib)
1.   Hai mari berhimpun dan bersukaria, hai mari semua ke Betlehem. Lihat yang lahir, Raja bala sorga. Ref. Sembah dan puji Dia, Sembah dan puji Dia, Sembah dan puji Dia Tuhanmu.
2.   Terang yang Ilahi, Allah yang sejati, t’lah turun menjadi manusia. Allah sendiri dalam rupa insan. Sembah dan puji Dia..!
4.   Demi kita ini Ia sudah lahir, peluk Dia dalam iman teguh. Cinta kasihNya patut kita balas. Sembah dan puji Dia......!
5.   Ya Tuhan yang lahir pada hari ini, ya Yesus terpujilah namaMu. Firman abadi yang menjadi daging. Sembah dan puji Dia…..!
20.Khotbah: Lukas 2: 1 - 7                     
21.Bernyanyi KJ No.120: 1- …“Hai Siarkan di Gunung” (Pers II)
(Tumpak ke Departemen Diakoni Sosial HKBP)
1.   Hai siarkan di gunung, di bukit dan di mana juga. Hai siarkan di gunung lahirnya Almasih. Diwaktu kaum gembala menjaga dombanya, terpancar dari langit cahaya mulia. Ref: Hai siarkan di gunung, di bukit dan di mana juga, hai siarkan di gunung lahirnya Almasih.
2.   Hai siarkan di gunung, di bukit dan di mana juga. Hai siarkan di gunung lahirnya Almasih. Gembala sangat takut, ketika mendengar nyanyian bala sorga gempita menggegap. Hai, siarkan di gunung…..!
3.   Hai siarkan di gunung, di bukit dan di mana juga. Hai siarkan di gunung lahirnya Almasih. Terbaring di palungan yang hina dan rendah, Sang Bayi menyampaikan selamat dunia. Hai, siarkan di gunung…...!
22. Perjamuan Kudus:
       1. Bernyanyi KJ No. 2: 1 – 2 ”Suci, suci, suci
          1. Suci, suci, suci, Tuhan Maha kuasa. Dikau kami puji di pagi yang teduh. Suci, suci, suci murah dan perkasa. Allah Tri tunggal, agung namaMu. Jemaat berdiri.
          2. Suci, suci, suci, kaum kudus tersungkur di depan takhtaMu memb’ri mahkotaNya. Segenap malaikat sujud menyem-bahMu, Tuhan Yang Ada s’lama-lamanya.
 2. Agenda Perjamuan Kudus:
 3. Bernyanyi KJ No. 311b: 1 “O Anak Domba Allah”
     O Anak Domba Allah, tersembelih di salib. Sabar setiap kala, walau di timpa aib. Ka tanggung dosa dunia, sengsara seluruhnya. Ampuni kami O Yesus.  
4. Menyampaikan Perjamuan Kudus:
5.  Nyanyian selanjutnya dapat dipilih dari acara ini.
6. Nyanyian Pujipujian KJ No. 9: 1 “Puji Hai Jiwaku”
     Puji hai jiwaku, puji Tuhan, selagi ada nafasmu. Allah kupatutlah kuagungkan sepanjang umur hidupku. Hayatku Dia yang beri. Dia kupuji tak henti. Haleluya, haleluya.  
23. Pengutusan dan berkat.
L:   Allah telah menyatakan kasihNya kepada kita, dan memberikan AnakNya yang Tunggal membawa kedamaian di antara kita, Dialah yang datang dari atas. Ia akan menjadi saksi bagi kita tentang apa yang Dia lihat dan didengar.
J:    Kita harus mau bersaksi seperti Yesus Kristus, sebab barang siapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barang siapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya. Semoga Tuhan Yesus menguatkan iman Saya bersaksi di tengah kehidupan dunia ini.
L:   Saudaraku yang kekasih! Pulanglah, jalanilah realitas kehidupan ini. Kiranya Tuhan menguatkan saudara menjadi saksi-saksi Kristus dan siap sedia dalam menciptakan perdamaian. Hiduplah dalam kerendahan hati, peganglah kasih dan usahakanlah dirimu berdamai dengan semua orang. 
S:   Ya, benar! Aku akan menjadi saksi Kristus yang hidup untuk selama-lamanya. Amin.  
24. Doa Persembahan - Kelahiran Tuhan Yesus - Bapa kami yang di sorga – Berkat – Amin 3X

 

MAJELIS HKBP SUKAJADI RESORT SUKAJADI

MENGUCAPKAN :

SELAMAT HARI NATAL 25 & 26 DESEMBER 2010

DAN
SELAMAT TAHUN BARU 1 JANUARI 2011 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar