Sabtu, 07 Mei 2011

Acara Kebaktian Minggu Pesta Natal Kedua Peringatan kelahiran Tuhan Yesus

Acara Kebaktian Minggu
Pesta Natal Kedua Peringatan kelahiran Tuhan Yesus
di HKBP Sukajadi Resort Sukajadi
Distrik XXII Riau 
 Minggu, Tgl. 26 Desember 2010
  
Janji Keselamatan Allah Telah Nyata Melalui Kelahiran Yesus Kristus!
01.Panggilan Beribadah: (L-iturgis, S-emua, J-emaat, SL=Song Leader)
L: Syalom! Selamat hari Natal bagi kita semua. Bagi saudara yang baru kali ini beribadah di Gereja ini,  kami sambut: Selamat Datang!  Pada hari yang penuh kebahagiaan ini, kita merasakan begitu indahnya kasih Allah kepada kita.
J: Demi kita, Dia telah mengutus anakNya yang Tunggal supaya olehNya kita beroleh keselamatan. Marilah kita sambut Yesus yang lahir itu dalam hati kita.
L: Hari ini kita bersekutu di gereja ini, untuk memperingati Kelahiran Tuhan Yesus ke dunia ini. Melalui kelahiranNya, kita dapat melihat dengan mata kita sendiri keselamatan yang Tuhan peruntukkan bagi kita umat yang berdosa. Melalui kelahiranNya, Firman itu telah menjadi manusia dan menjadi bagian hidup kita. Untuk itu, mari kita sambut Dia yang telah lahir itu: “S’lamat, S’lamat Datang Yesus Tuhanku.........”
S: Menyanyikan: KJ No. 123:1-2 “S’lamat, S’lamat Datang”
02. Votum – Introitus - Doa:
L:   Di dalam nama Allah Bapa, AnakNya Tuhan Yesus Kristus, dan Roh Kudus, Khalik langit dan bumi. Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Marilah kita nyanyikan: Haleluya!
S:   Menyanyikan: Haleluya – haleluya - haleluya.
L:   Marilah kita berdoa! Ya Allah Bapa yang ada di sorga! Puji-pujian, kemuliaan dan terima kasih kami persembahkan kepadaMu, karena Engkau memberikan anakMu, Tuhan Yesus Kristus kepada kami manusia yang hina ini. Dia menderita sengsara, lahir di kandang domba, supaya kami menjadi kaya. Ajar dan bimbinglah kami dengan RohMu supaya kami mengenal kasihMu, yang Engkau nyatakan dalam AnakMu, Tuhan Yesus Kristus. 
S:   Amin. Jemaat duduk
03. Bernyanyi: KJ No.406:2 + 3 “Ya Tuhan, Bimbing Aku”
L:   Jemaat yang bersukacita. Sekarang kita akan mendengar hukum Tuhan yang menjadi arah perjalanan hidup kita sehari-hari. Karena itu, mohonkanlah bimbingan Tuhan agar kita berjalan sesuai dengan kehendakNya: “Lindungilah hatiku di rahmatMu.......”!
 S:  2. Lindungilah hatiku di rahmatMu dan buatlah batinku tenang teduh. Dekat kakiMu saja ‘ku mau rebah dan tidak ragu-ragu ‘ku berserah
3.  Dan bila tak kurasa kuasaMu, Engkau senantiasa di sampingku. Ya Tuhan, bimbing aku di jalanku, sehingga ‘ku selalu bersamaMu.
04. Hukum Taurat: Efesus 1: 9 – 10.
L:   Jemaat yang kekasih! Hukum Taurat bagi kita minggu ini diambil dari Efesus 1:9-10, yang mengatakan: Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendakNya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaanNya, yaitu rencana kerelaan dari semula telah ditetapkanNya di dalam Kristus”.
J:   Sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus   sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.
L: Demikianlah Firman Tuhan yang menjadi hukum Taurat bagi kita hari ini. Marilah kita memohon kekuatan dan penyertaan Tuhan untuk melakukan hukumNya
S:   Ya, Tuhan Allah! Kuatkan dan mampukanlah kami melakukan hukumMu. Amin!
05. Bernyanyi KJ No. 441:1 “ ‘Ku Ingin Menyerahkan”
L:   Saudara-saudara terkasih, marilah kita renungkan segala perbuatan kita, betapa seringnya  melanggar Hukum Tuhan. Sepantasnya kita mendapat hukuman yang setimpal dengan perbuatan kita. Namun kasih Allah yang begitu besar, Dia mengaruniakan AnakNya supaya orang yang percaya tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal. Untuk itu datanglah kehadapanNya dan mohonlah pengampunan dosa dariNya serta menyanyikan: ’Ku ingin Menyerahkan seluruh hidupku.......” – Jemaat berdiri
 S:  Menyanyikan: ‘Ku ingin menyerahkan seluruh hidupku. Sekalipun tak layak, kepada Tuhanku. Kubunuh keinginan dan hasrat hatiku, supaya hanya Tuhan mengisi hidupku.
06. Doa Pengampunan Dosa:
L:        Saudaraku yang terkasih! Saat ini kita telah berdiri di hadapan Allah. Saat ini kita menuturkan segala dosa kita dihadapanNya yang kudus. Untuk itu tuturkan dan nyatakanlah segala dosamu di hadapan Tuhan saat ini:
 Bpk:    Ya Tuhan, sungguh kami habis lenyap karena murkaMu, dan karena kehangatan amarahMu kami terkejut, Engkau menaruh kesalahan kami di hadapanMu, dan dosa kami yang tersembunyi dalam cahaya wajahMu 
Ibu:     Ya Tuhan! Sungguh, segala hari kami berlalu karena gemasMu, kami menghabiskan tahun-tahun kami seperti keluh. Karena itu, kasihanilah kami. Ingatlah kami sesuai dengan kasih setiaMu oleh karena kemurahanMu. Lapangkanlah hatiMu terhadap kami orang berdosa ini,
(Hening sejenak berdoa dalam hati - SL menyanyikan dengan lembut  KJ No. 41: 4 + 7 “Terbukalah sorga”)
SL: 4. Meskipun dosamu teramat keji, dengan darah Yesus kau suci bersih. Dengan darah Yesus kau suci bersih.
 S:  7.  O Yesus Engkaulah perlindunganku, Engkau Jurus’lamat, tempat berteduh, Engkau Jurus’lamat tempat berteduh.
L:   Beginilah janji Allah tentang keampunan dosa kita: Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah kepadaKu, karena Aku lemah lembut, dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan, Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKu pun ringan. Segala kemuliaan di tempat yang Maha tinggi.
J:   Amin. Jemaat duduk. 
07. Bernyanyi KJ No. 407:1 + 3 “Tuhan, Kau Gembala Kami”
L: Saudaraku berbahagialah! Mulailah hidup baru dengan kekudusan, hiduplah sebagai anak-anak Allah! Pujilah Tuhan atas pengampunannya: “Tuhan, Kau Gembala Kami, tuntun kami dombaMu.........!
S:  1. Tuhan, Kau gembala kami, tuntun kami, dombaMu. B’rilah kami menikmati hikmat pengurbananMu. Tuhan Yesus, Jurus’lamat, kami ini milikMu :;:
     3.  JanjiMu, Kau t’rima kami, walau hina, bercela. Yang berdosa Kau sucikan, Kau bebaskan yang lemah. Tuhan Yesus, Jurus’lamat kini kami berserah :;:
08. Koor:
09. Epistel: Yeremia 31: 15 - 18
L:   Saudaraku yang terkasih! Nas Epistel bagi kita pada minggu Pesta kedua kelahiran Tuhan Yesus hari ini, tertulis dalam kitab Yeremia 31: 15 – 18, yang mengatakan: Beginilah Firman Tuhan: Dengar! Di Rama terdengar ratapan, tangisan yang pahit pedih: Rahel menangisi anak-anaknya, ia tidak mau dihibur karena anak-anaknya, sebab mereka tidak ada lagi”.
J:   Beginilah Firman Tuhan: Cegahlah suaramu dari menangis, dan matamu dari mencucurkan air mata, sebab untuk jerih payahmu ada ganjaran, demikianlah Firman Tuhan; mereka akan kembali dari negeri musuh.
L:   Masih ada harapan untuk hari depanmu, demikianlah Firman Tuhan: anak-anak akan kembali ke daerah mereka.
S:   Telah Kudengar sungguh-sungguh Efraim meratap: Engkau telah menghajar aku, dan aku telah menerima hajaran, seperti anak lembu yang tidak terlatih. Bawalah aku kembali, supaya aku berbalik, sebab Engkaulah Tuhan, Allahku.
L:   Demikianlah nas Epistel pada minggu ini. Berbahagialah orang yang mendengar, yang membaca serta melakukan Firman Allah dalam kehidupannya.
S:   Amin.
10. Bernyanyi KJ No. 387:1 + 4 “’Ku heran Allah mau memb’ri”
L:    Saudaraku yang kekasih! Kita telah membaca Firman Tuhan, Epistel tuntunan hidup kita. Dengan FirmanNya kita telah disadarkan bahwa dosa kita telah disucikan, dan kita disebut juga menjadi anak-anak Allah. Untuk itu nyatakanlah dalam hidupmu: “Ku heran Allah mau memb’ri.......!
 S: 1.  ‘Ku heran Allah mau memb’ri rahmatNya padaku dan Kristus sudi menebus yang hina bagaiku. Ref. Namun ‘ku tahu yang kupercaya dan aku yakin ‘kan kuasaNya, Ia menjaga yang kutaruhkan hingga hariNya kelak. Berdiri.
            4.Seluruh jalan hidupku tetap rahasia seb’lum ‘ku jumpa ajalku dan nampak wajahNya. Namun ‘ku tahu yang kupercaya.......!
11. Pengakuan Iman Rasuli:
L: Marilah kita semua mengaku iman percaya kita, bersama-sama dengan semua teman seiman di seluruh dunia, kita mengikrarkannya:
S: Aku percaya...! Amin! – Duduk -
12. Koor:
13. Warta Jemaat:
14. Bernyanyi KJ 99:1.... “Gita Sorga Bergema” (Pers. Ia, Ib)
 L: Saudaraku yang kekasih, marilah kita menyerahkan persembahan I-a dan I-b dengan sukacita dan tulus sambil menyanyikan: Gita Sorga Bergema, lahir Raja mulia......”!
 S: 1.    Gita sorga bergema, lahir Raja mulia! Damai dan sejahtera turun dalam dunia. Bangsa-bangsa, bangkitlah dan bersoraklah serta, permaklumkan Kabar Baik: Lahir Kristus T’rang ajaib! Gita sorga bergema, lahir Raja mulia.
 2.   Yang di sorga disembah, Kristus, Raja yang baka, lahir dalam dunia dan Maria bundaNya. Dalam daging dikenal Firman Allah yang kekal; dalam Anak yang kecil nyatalah Immanuel! Gita sorga bergema, lahir Raja mulia.
 3.   Raja Damai yang besar, Surya Hidup yang benar. Menyembuhkan dunia di naungan sayapNya. Tak memandang diriNya bahkan maut dit’rimaNya, lahir untuk memberi hidup baru abadi! Gita sorga bergema, lahir Raja mulia.                
15.Kotbah: Mateus 2: 13 - 18
16. Bernyanyi KJ No. 119:1... “Hai Dunia, Gembiralah (Pers. II)
 P: Saudaraku, kita telah mendengar Firman Tuhan yang menguatkan hati kita. Kini tiba saatnya memberikan persembahan kita. Marilah kita nyatakan melalui nyanyian ini: Hai Dunia, gembiralah dan sambut Rajamu......!
 S: 1. Hai dunia, gembiralah dan sambut Rajamu! Dihatimu terimalah! Bersama bersyukur, bersama bersyukur, bersama-sama bersyukur.
17. Doa Persembahan, Pengutusan Dan Berkat:
Majelis HKBP Sukajadi mengucapkan:
Selamat Natal 25 – 26 Desember 2010
 Dan
Selamat Tahun baru, 01 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar