Minggu, 08 Mei 2011

ACARA PEMBERKATAN NIKAH

Hiduplah Dalam Kasih Yesus Kristus!
I.   Persiapan: Penganten dan orang tua kedua belahpihak berdoa bersama di Konsistori. Selanjutnya Prosesi penganten dan keluarga memasuki Gereja.
II.  Panggilan beribadah kepada Tuhan:
Pdt:   Jemaat yang Saya kasihi di dalam Yesus Kristus Raja Gereja! Kita telah hadir di Gereja ini untuk mengikuti Ibadah Pemberkatan Nikah saudara: dr. Stepanus Sanggam S. H. Sidauruk, dengan Qeen Easy Magyawati Singal br. Lumbantobing, STh, Saya undang hadirin berdiri untuk menyambut kedua mempelai memasuki Gereja.
                 …..…….Prosesi memasuki gereja diiringi organ…….
Pdt:   Saat ini kedua mempelai telah berada di tengah-tengah kita dan Ibadah Pemberkatan Nikah ini pun akan segera kita mulai. Untuk itu, marilah kita bulatkan hati dan jiwa kita memuji Tuhan melalui nyanyian ini: Sekarang bersyukur, hati hati mulut tangan.......”
III. Kebaktian
     01. Bernyanyi KJ No. 287b : 1 -2 “Sekarang Bersyukur”
          1.  Sekarang bersyukur hai hati, mulut, tangan! Sempurna dan besar segala karya Tuhan! DibriNya kitapun anugrah dan berkat. Yang tak terbilang t’rus semula dan tetap.
                                          (Jemaat berdiri)
2.     Yang Mahamulia memb’rikan sukacita. Damai sejahtera di dalam hidup kita; KasihNya tak terp’ri mengasuh anakNya; TolonganNya besar seluas dunia!
       02. Votum – Introitus – Doa: (Ket: Pdt = Pendeta; J= Jemaat; MP=  Mempelai; PP= Pengenten Pria; PW= Penganten Wanita)
Pdt:   Di dalam Nama Allah Bapa dan Nama AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan Nama Roh Kudus yang menciptakan langit dan bumi. Amin. Terpujilah Allah di tempat yang mahatinggi, semarakanlah kemuliaanNya yang tiada tara. Agungkanlah perbuatan-perbuatanNya yang besar. Dan ia menciptakan pria dan wanita sebagai puncak citra ciptaanNya.
J:       Sebab itu agungkanlah namaNya, serahkanlah dirimu sebagai persembahan syukur kepadanya. Biarlah seluruh hidupmu dan segala perbuatan serta peker-jaanmu, menjadi kemuliaan bagi namaNya.
     S:       Menyanyikan:  “O, Berkati kami” KJ No. 350
              O, berkati kami dan lindungi kami, Tuhan, b’rilah rahmatMu, oleh sinar wajahMu.
Pdt:   Tuhan yang kaya dengan rahmatNya, akan senantiasa memberkatimu. Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu. Istrimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu. Anak–anakmu seperti tunas pahon zaitun di sekeliling mejamu.
J:       Biarlah curahan rahmat yang besar seperti itu, mem-berkati kedua mempelai ini: dr. Stepanus Sanggam Sidauruk, dengan Qeen Easy Magyawati Singal br. Lumbantobing, STh, dihari pernikahan kudus ini, dan juga dalam kelangsungan Rumah Tangga mereka pada hari-hari yang akan datang penuh kebahagiaan.
MP:    Ya Tuhan Allah! Berkati dan teguhkanlah ikatan pernikahan kami hari ini. Tanamkan cinta kasih yang murni dan sejati bagi kami berdua, supaya kami mampu mengasihi dan dikasihi, menghormati dan dihormati. Semoga damai sejahtera dan pimpinan Roh Kudus menjadi sumber kebahagiaan dan penghiburan bagi kami sehari-hari, di dalam Yesus Kristus Kepala keluarga kami sepanjang masa.
     S:       Menyanyikan:  O, Berkati kami” KJ No. 350
              WajahMu kiranya ramah bercahaya, pada kami b’rikanlah damai dan sejahtera.
Pdt:   Marilah kita berdoa! Ya Tuhan Allah, Bapa kami yang di surga. Engkaulah yang menetapkan perkawinan itu dan menghendaki: Agar Pria dan Wanita membangun keluarga yang bahagia. Engkau melihat kedua saudara kami ini, yang bermaksud melangsungkan perkawinan mereka. Saat ini mereka datang memohon berkatMu ya Tuhan. Sertai dan berkatilah mereka dengan Kasih sayangMu. Isilah kehidupan mereka dengan Roh Kudus, agar pernikahan mereka ini senantiasa penuh damai, dari permulaan hingga akhirnya. Dengarlah doa dan permohonan kami ini karena Kasih sayangMu kepada kami. Amin.
03. Koor:
04. Khotbah:
05. Koor:
06. Bernyanyi KJ 369a: 1 + 3 “Ya Yesus ‘ku berjanji”
1.  Ya Yesus kuberjanji setia padaMu; kupinta Kau selalu dekat, ya Tuhanku. Di kancah pergumulan jalanku tak sesat, kar’na Engkau temanku, Pemimpin terdekat. (Pengantin berjalan menuju altar)
3. Ya Yesus, Kau berjanji kepada umatMu; di dalam kemuliaan Kausambut hambaMu. Dan aku pun berjanji setia padaMu. Berikanlah karunia mengikutMu teguh.
07. Aturan Pernikahan Kristen Sesuai dengan Agenda HKBP:
     08.  Kedua mempelai menyematkan cincin pernikahan – Selanjutnya berjabatan tangan dan bersujud menerima berkat.
     09. Pemberkatan sesuai dengan Agenda HKBP :
10. Ucapan Selamat
-         Ucapan selamat dari Majelis Jemaat
-         Penyerahan kenang-kenangan dari Gereja
     11. Bernyanyi KJ No. 318 : 1 – 2  “Berbahagia Tiap”
(Sambil Mengumpulkan persembahan)
1.     Berbahagia tiap rumah tangga, dimana Kaulah tamu yang tetap; Dan merasakan tiap sukacita tanpa Tuhannya tiadalah lengkap; Dimana hati girang menyambutMu dan memandangMu dengan berseri; Tiap anggota menanti sabdaMu dan taat akan Firman yang Kau b’ri.
2.  Berbahagialah rumah yang sepakat hidup sehati dalam kasihMu. Serta tekun mencari hingga dapat damai kekal didalam sinarMu. Dimana suka duka ‘kan dibagi; ikatan kasih semakin teguh. Di luar Tuhan tidak ada lagi yang dapat memberi berkat penuh.
12. Doa Persembahan – Bapa kami yang di sorga – Amin 3X dinyanyikan. 
IV.          Photo penganten bersama Pendeta yang memberkati:
V. Kata-kata sambutan
     -    Dari keluarga penganten pria
     -    Dari keluarga penganten wanita
VI.     Bernyanyi BE No. 141 : 1….     “Sai tiur ma langkamuna”
     Sai tiur ma langkamuna, Sai Debata ma donganmuna, nang surusuruanNa pe. Molo diramoti Jesus, Hamuna ndang tarbaen so bulus, do langkamuna sasude. Antong Tuhanta i ma donganmuna i ganup ari! Hamu sude sai ingot be, Tumangiang-kon hami.

Majelis dan segenap Warga Jemaat HKBP Sukajadi
mengucapkan:
Selamat Berbahagia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar